5 Olahraga yang Direkomendasikan buat Pemula, Yuk Mulai Gaya Hidup Sehat!

Better experience in portrait mode.

Rutin berolahraga merupakan bagian dari hidup sehat. Dilansir dari Mayo Clinic dan Very Well Fit, setidaknya 5 kali dalam seminggu, seseorang dengan berat badan normal dan berusia produktif wajib berolahraga dengan durasi 30 menit sehari atau 150 menit sepekannya.

Mengingat pentingnya aktivitas tersebut, bagi kamu yang masih jarang berolahraga, maka harus segera memulainya. Olahraga bukan hanya penting bagi kesehatan fisik, tapi juga stamina dan cara untuk melepas stress. Maka dari itu, coba mulai 5 olahraga berikut ini yang aman bagi pemula.

Jalan kaki merupakan aktivitas paling mudah dan aman bagi pemula yang ingin berolahraga. National Health Service menyebut bahwa berjalan cepat dapat meningkatkan stamina, membakar kalori dan lemak serta menyehatkan jantung.

Olahraga yang sederhana dan gratis ini cocok untuk orang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun. Nggak perlu lama-lama, dalam sehari kamu bisa melakukan jalan cepat selama 10 menit. Jangan lupa untuk bersiap dengan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk mendukung olahragamu.

Kegiatan berenang bukan hanya menjadi olahraga yang tepat bagi pemula, tapi juga aktivitas hiburan untuk melepas penat atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Para orang tua juga bisa sembari mengajak anak-anak untuk berolahraga dimulai dari aktivitas berenang bersama.

Nggak perlu memikirkan tentang gaya-gaya yang sulit, sebagai pemula kamu cukup latihan menahan napas dan mengendalikan tubuh dengan baik. Jika ingin menekuni olahraga satu ini, akan lebih baik kalau menggunakan jasa pelatih professional.

Sejatinya yoga adalah olahraga yang dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk para pemula dan wanita. Gerakan yoga yang santai dengan mengandalkan teknik pernapasan, keseimbangan, fokus dan kelenturan tubuh jadi alasan mengapa olahraga ini punya banyak penggemar.

Selain itu, olahraga satu ini nggak membutuhkan banyak alat.Cukup menggunakan matras dan pakaian nyaman untuk mengikuti instruktur gerakan yoga. Lebih baik lagi jika kamu mengikuti kelasnya, tapi kalau pun nggak ikut kelas profesional, banyak sekali tayangan gerakan yoga di internet yang bisa kamu ikuti.

Senam aerobik menjadi salah satu olahraga yang disarankan untuk pemula. Laman healthline menyebutkan banyak manfaat senam aerobik yang efektif untuk menghilangkan lemak dalam tubuh, karena olahraga ini mampu membakar lemak dibandingkan karbohidrat sebagai sumber energi selama kamu latihan.

Beberapa gerakan yang juga termasuk aerobik yaitu lompat tali, jogging, mountain climber, dan squat jack. Gerakan tersebut dapat dilakukan di rumah dan menyesuaikan kemampuan sendiri.

Sekilas, gerakan pilates memang mirip dengan yoga. Tapi, lebih modern dan energik. Olahraga satu ini juga bagus untuk mengencangkan bagian tubuh, memperbaiki postur, dan memperkuat otot inti.

Untuk pemula, cukup ikuti gerakan pilates selama 30 menit. Kamu juga bisa menggunakan alat ataupun tanpa alat. Kontrol ketahanan napas dan keseimbangan tubuh dengan baik.

Nah, itu dia olahraga yang cocok untuk pemula yang ingin memulai gaya hdup sehat. Jangan ragu lagi karena nggak ada kata terlambat untuk memulai olahraga. Salam sehat!

Penulis: Farhati Haqiya Silmi

Rekomendasi

fresh

Olahraga Setiap Hari Baik untuk Kesehatan? Ini Jawaban Pakar

Semakin banyak orang yang berolahraga setiap hari. Ada yang menganggapnya baik dan tidak. Simak pendapat pakar dan alasannya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

fresh

Keluhan Tubuh yang Jadi Tanda Kalau Level Cemas Sedang Sangat Tinggi

Banyak orang alami gejala kecemasan hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Cegah dan atasi hal tersebut dengan beberapa kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Tips Perawatan Kulit

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

Kesehatan Mata

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

3 Manfaat Berolahraga Saat Menstruasi, Tetap Aktif Yuk!

Walaupun tubuh terasa lemas, ternyata berolahraga saat menstruasi bisa jadi solusi PMS dan memberi manfaat kesehatan lainnya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

5 Rahasia Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Keluarga Sakit Agar Tidak Tertular

Bukan hanya minum vitamin, beberapa hal ini juga penting kamu terapkan agar tak tertular saat keluarga sakit.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

Rutin Jalan Kaki Setelah Makan, Bantu Pencernaan Hingga Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setelah makan terbukti dapat meningkatkan kesehatan

Baca Selengkapnya

 

Updated: Desember 29, 2023 — 3:00 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *