Awal Pekan, Hujan Lebat disertai Petir Diprakirakan Landa Sebagian Besar Jatim

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) pada awal pekan ini, Senin (12/2/2024).

“Pada pagi hari di wilayah Tuban, Magetan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep, diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang,” demikian dalam keterangan tertulis dari BMKG Juanda yang diterima suarasurabaya.net, Senin.

Sedangkan pada siang hingga sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep juga diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang.

“Pada malam hari cuaca serupa diprakirakan terjadi di wilayah Magetan, serta pada Selasa (13/2/2024) dini hari di wilayah Sumenep,” tambah keterangan tersebut.

Suhu udara di Jatim hari ini berkisar 13-34 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar 55 -100 persen. Angin dominan berhembus dari barat ke barat daya dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya juga memberikan informasi, cuaca di sebagian besar perairan Jawa Timur pada Senin, diprakirakan hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari barat daya ke barat laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 17 knot (31 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knot (24 kilometer per jam.

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.5-2.0 meter. (man/bil/ham)

 

Updated: Februari 12, 2024 — 12:42 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *