Flu Menstruasi, Istilah yang Lagi Tren Gambarkan Kondisi Tubuh Jelang Datang Bulan

Dream – Siapa yang merasa jika periode menstruasi setiap bulan sangat menguras kesehatan fisik dan emosional? Ada yang merasakan seperti flu atau banyak yang mengistilahkan sebagai ‘flu menstruasi’.

Menurut Dokter Obgyn Sara Yuen, flu menstruasi bukanlah flu atau diagnosis medis yang resmi. Ini merupakan jenis sindrom pra-menstruasi (PMS) yang memiliki gejala seperti flu.

“Tidak ada informasi jelas tentang berapa banyak orang yang mengalami gejala spesifik flu menstruasi, tetapi PMS merupakan sindrom yang sangat umum terjadi pada hampir 90% wanita di dunia. Meskipun begitu, kebanyakan mengalami gejala yang mudah untuk diatasi,” kata dr. Yuen.

Ada satu gejala PMS yang sulit diatasi oleh 5% perempuan di dunia, yaitu Premenstrual Dysphoric Disorder atau gangguan dysphoric pra-menstruasi (PMDD). 

PMDD ini termasuk gangguan kejiwaan karena dapat menyebabkan tekanan kesehatan mental yang signifikan seperti depresi berat, kecemasan, perubahan suasana hati, dan bahkan pikiran untuk bunuh diri. Jika Sahabat Dream mengalami gejala-gejala ini, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan mental atau psikiater.

Gejala Flu Menstruasi yang Harus Diketahui

Gejala PMS dapat terjadi kapan saja setelah ovulasi, meskipun gejalanya jarang terjadi selama dua minggu penuh antara jarak ovulasi dan dimulainya menstruasi.

Bagi kebanyakan orang, gejalanya bisa muncul beberapa hari sebelum menstruasi dan hilang begitu menstruasi dimulai. Jadi, Sahabat Dream bisa memperkirakan kapan gejalanya akan muncul lewat catatan menstruasi.

“Gejala PMS bisa sangat bervariasi pada setiap orang, tapi beberapa gejala yang umum terjadi dan harus diperhatikan,” ujar dr. Yuen.

Untuk gejala yang sering dialami antara lain pegal-pegal, diare, kelelahan, demam, sakit kepala, mual dan muntah. Lalu, mengapa beberapa orang bisa terkena flu menstruasi?

“Kemungkinan besar flu menstruasi dan PMS dipengaruhi dengan perubahan hormon estrogen, progesteron dan prostaglandin selama siklus menstruasi,” kata dr. Yue.

Hormon estrogen dan progesteron merupakan hormon yang membantu mengatur siklus menstruasi. Kedua hormon ini dapat melonjak sebelum dan sesudah ovulasi. Selain itu, kedua penurunan hormon ini dapat menyebabkan sakit kepala, perubahan suasana hati, kelelahan, dan gejala PMS lainnya.

Pada umumnya siklus menstruasi seseorang adalah 28 hari, tapi bisa berkisar di antara 21 hingga 35 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke 14 dalam siklus 28 hari.

Cara Meredakan Gejala Flu Menstruasi

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala flu menstruasi. “Obat-obatan tertentu dapat membantu. Selain itu, terapkan juga kebiasaan gaya hidup sehat,” ujar Dokter Yuen.

Sahabat Dream bisa melakukan langkah-langkah berikut agar tubuh tetap fit menjelang dan saat menstruasi.

Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat bisa memperbaiki gejala PMS karena membantu menstabilkan gula darah. Perubahan gula darah dapat menyebabkan seseorang memiliki keinginan untuk memakan sesuatu, mudah tersinggung, dan perubahan suasana hati yang mudah berubah.

Sahabat Dream dapat memakan buah, sayur, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan asam lemak omega-3. Disarankan untuk menghindari kafein, gula buatan, makanan yang tinggi garam, dan lemak jenuh.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Kalsium

Perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, terutama produk susu rendah lemak serta kacang-kacangan dan biji-bijian. Jika diperlukan, Sahabat Dream juga bisa menambah kalsium melalui suplemen. Perlu diingat jika terlalu mengonsumsi kalsium juga bisa menimbulkan risiko. Jadi, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mulai mengonsumsi suplemen.

Berolahraga secara teraturSalah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi gejala PMS adalah dengan olahraga secara teratur. Usahakan untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit per hari atau 150 menit perminggu. Beberapa jenis olahraga yang efektif untuk dilakukan adalah berlari, jalan cepat, dan bersepeda.

Laporan Aykaputri Amalia Rahmani/ Sumber: Clevelanclinic

Rekomendasi

Kesehatan Faktor Usia, Penyebab Utama Tubuh Lebih Mudah Terserang Flu

Bukan hanya faktor usia, ketahui alasan lain sering terserang flu serta bagaimana cara mencegahnya menurut ahli.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

fresh Proses Penularan Virus Flu Bisa Sangat Cepat, Pakai Masker Adalah Kunci

Flu kembali menyerang banyak orang. Proses penyembuhannya pun memakan waktu cukup lama. Cari tahu proses penularan virus dan cara mencegahnya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

fresh Kondisi Tubuh Mudah Berubah Usai Libur Tahun Baru, Simak Saran Dokter Gizi

Perubahan kondisi tubuh kerap terjadi pasca libur tahun baru. Simak tips dokter gizi untuk tahu cara mengontrol dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

mens telat seminggu 9 Penyebab Menstruasi Telat Seminggu yang Perlu Dipahami, Bukan Hanya Pertanda Hamil

Penyebab mens telat seminggu bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres, perubahan hormon, kondisi medis tertentu, dan faktor gaya hidup.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

hot flash Tak Perlu Panik Muncul Rasa Panas Saat Menstruasi, Ini Sebabnya

Salah satu gejala yang mungkin dihadapi oleh sebagian wanita adalah hot flash atau rasa panas yang muncul tiba-tiba saat menstruasi.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

parenting Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan Deteksi Stres dari 5 Kondisi Tubuh, Rambut Rontok Salah Satunya

Sering dianggap hal biasa, beberapa kondisi tubuh ini ternyata merupakan pertanda stres.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

healthy lifestyle Tanda Keputihan yang Tak Normal, Jangan Disepelekan

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada perempuan, namun perlu diperhatikan bahwa ada dua jenis keputihan, yaitu normal dan abnormal.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

parenting 2 Jenis Vaksin yang Bisa Cegah Si Kecil dari Penularan Pneumonia

Pastikan si kecil sudah divaksin pneumonia, jangan sampai lupa.

Baca Selengkapnya

 

Updated: Februari 26, 2024 — 6:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *