Harta Orang Terkaya RI Cetak Rekor, Tembus Rp 3.900 Triliun

Jakarta, CNBC Indonesia – Total harta 50 orang terkaya di Indonesia mencetak rekor. Dalam daftar terbaru dari Forbes, kekayaan mereka naik 40% ke level US$ 252 miliar atau lebih dari Rp 3.934 triliun. 

Rekor kenaikan ini dipicu oleh serangkaian IPO, terutama perusahaan energi dan pertambangan. Separuh taipan dalam daftar tahun ini lebih kaya dibandingkan tahun lalu.

Hartono bersaudara, yakni Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, masih mempertahankan posisi orang terkaya nomor satu di Indonesia dengan kekayaan US$48 miliar (Rp747 triliun), naik US$300 juta (Rp4.6 triliun) dari tahun lalu.

Peringkat kedua untuk pertama kalinya diduduki raja petrokimia dan energi Prajogo Pangestu, yang merupakan peraih keuntungan terbesar tahun ini baik dalam dolar maupun persentase. Dengan peningkatan kekayaan bersihnya lebih dari delapan kali lipat menjadi US$43,7 miliar (Rp680 triliun), ia naik lima peringkat dalam daftar tahun ini.

Prajogo mendapat keuntungan besar dengan mencatatkan dua perusahaannya, yakni produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi.

Di tempat ketiga adalah baron pertambangan Low Tuck Kwong, yang juga memperoleh kekayaannya dari emas hitam. Low meningkatkan kekayaannya lebih dari dua kali lipat menjadi US$27,2 miliar (Rp423 triliun) dari US$12,1 miliar (Rp188 triliun) berkat Bayan Resources, produsen batu bara terbesar ketiga di negara tersebut, mendapatkan keuntungan dari peningkatan penjualan.

Di posisi keempat adalah keluarga Widjaja yang hartanya bersumber dari Sinar Mas. Kekayaan bersihnya tidak berubah dibandingkan dengan tahun lalu, atau sebesar US$10,8 miliar (Rp168 triliun).

Kemudian yang berada di urutan lima besar dalam daftar adalah Anthoni Salim dari Salim Group, yang kekayaan bersihnya melonjak US$ 2,8 miliar (Rp 43 triliun) menjadi US$ 10,3 miliar (Rp 160 triliun). Sebagian besar berkat sahamnya yang berharga di penambang tembaga dan emas Amman Mineral Internasional, yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada Juli 2023.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Daftar Terbaru 5 Orang Terkaya RI, Harta Prajogo Ngebut


(mkh/mkh) 

Updated: Desember 11, 2023 — 8:25 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *