Hindari 5 Makanan dan Minuman Biar Batuk Cepat Sembuh

Better experience in portrait mode.

Dream –¬†Belakangan ini Indonesia sedang di landa perubahan suhu yang drastis. Perubahan ini seringkali membuat tubuh menjadi lemah dan meningkatkan risiko terkena virus atau penyakit.

Salah satu penyakit umum yang sering terjadi akibat perubahan suhu dan musim adalah batuk. Penyebaran virus yang cepat meningkatkan risiko penularan batuk, terutama jika seseorang tidak menggunakan masker.

Biasanya batuk hanya terjadi sesekali dan tidak bertahan lama. Meski sebagian batuk dapat sembuh dengan sendirinya, namun jangan juga dianggap remeh.

Penanganan yang tepat diperlukan untuk mengatasi batuk, seperti memilih makanan yang sehat menggunakan masker saat keluar, mengonsumsi obat batuk, dan tindakan lainnya.

Selain itu penting juga untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sedang mengalami batuk.

Beberapa kesalahan dalam memilih makanan dapat membuat gejala batuk menjadi semakin parah. Berikut adalah beberapa kesalahan yang perlu dihindari.

1. Mengonsumsi Keju dan Susu

Ketika kamu sedang mengalami batuk, pasti kamu tergoda dengan semangkuk sup krim atau secangkir susu yang hangat. Mulai sekarang hentikan mengonsumsi produk keju dan susu saat sedang batuk.

Pasalnya, produk susu dapat menjadi pedang bermata dua. Susu dapat meningkatkan produksi lendir pada tenggorokan sehingga berpotensi membuat batuk menjadi lebih buruk.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggantinya dengan susu almond atau oat. Pilih sup dan yogurt yang tidak mengandung susu untuk meredakan tenggorokan.

2. Minuman Berperisa

Hindari minuman manis dan berperisa. Ganti dengan banyak minum air putih karena kekurangan cairan saat kamu sedang batuk dapat membuat dehidrasi dan tenggorokan menjadi kering hingga mengalami sensasi gatal.

Solusinya, minum air hangat atau teh herbal setiap hari agar dapat meredakan tenggorokan yang gatal dan membantu tubuh melawan penyebab batuk.

3. Mengonsumsi Gorengan

Mulai sekarang hindari mengonsumsi makanan yang di goreng karena makanan tersebut dapat memicu peradangan dan memperlambat proses pemulihan.

Pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti buah dan sayur agar dapat mempertahakan sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi Makanan dan Minum Berasam

Meskipun vitamin c memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya hindari saat sedang batuk. Makanan dan minuman yang berasam bersifat keras bagi tenggorokan yang sudah sensitif.

5. Minum Teh atau Kopi

Kedua minuman tersebut memang tidak bisa dipisahkan. Kamu juga perlu tahu bahwa kafein yang terdapat pada kopi dan teh justru dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu tidur serta menghambat proses pemulihan.

Kamu bisa menggantinya dengan minuman yang herbal agar tetap terhidrasi.

Sumber Food NDTV.Dream.co.id hadir di WhatsApp Channel, follow buat tahu informasi terkini di link inihttps://bit.ly/DreamcoidWAChannel.

Rekomendasi

Beauty

Catat! 5 Makanan yang Sebabkan Penuaan Dini

Beberapa jenis makanan bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit. Hindari makanan tersebut agar bisa tampil awet muda.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kesehatan

Ikuti 5 Cara Kurangi Minyak Berlebih pada Makanan, Jadi Lebih Sehat

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Hindari dengan ketahui cara menguranginya.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Kuliner

Hidangan Terasa Lebih Gurih Hanya dengan Minyak Daun Bawang

Setiap jenis minyak bisa memberikan rasa berbeda pada makanan. Coba gunakan minyak daun bawang untuk membuat hidangan lebih gurih.

Baca Selengkapnya

Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasivideo untuk kamu.
SWIPE UP

Untuk melanjutkan membaca.

Rekomendasi

fresh

6 Makanan yang Harus Dihindari Biar Perut Tak Buncit

Atasi perut buncit dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan rendah kalori.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Tips Sehat

Biar Tak Bergelambir, 5 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari

Menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dari perut bukanlah hal yang mudah.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

Sisa Makanan

5 Cara Biar Bahan Makanan Tak Terbuang Percuma, Catat Ya!

Lakukan cara berikut ini agar tidak ada sisa makanan yang terbuang sia-sia.

Baca Selengkapnya

Rekomendasi

efek makanan pedas

Makanan Pedas Bahaya Buat Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Makanan Pedas Aman Buat Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Baca Selengkapnya

 

Updated: Desember 11, 2023 — 10:12 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *