Kelakuan Bobotoh ‘Kotori’ Kemenangan Persib Bandung atas Dewa United, Terobos Paksa ke Stadion

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Adi Ramadhan Pratama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Kemenangan Persib Bandung atas Dewa United diwarnai penerobosan oleh “oknum” bobotoh di Stadion Indomilk Arena Tangerang pada Minggu, (26/11/2023).

Meskipun Persib berhasil membantai telak tim tuan rumah Dewa United 5-1, oknum bobotoh sempat menerobos paksa ke area Stadion Indomilk Arena saat pertandingan berlangsung.

Sebelumnya sebagai tim tamu, suporter Persib yaitu bobotoh tidak diperbolehkan hadir ke dalam stadion saat pertandingan melawan Dewa United berlangsung di pekan ke-20.

Hal itu disebabkan karena pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023/2024, PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih menerapkan regulasi Pasal 51 Ayat 6, yang mengatur tentang larangan suporter tim tamu hadir di pertandingan tandang.

Namun pada babak pertama pertandingan Persib vs Dewa United, bobotoh nekat mendobrak masuk penjagaan dan langsung memenuhi Tribun Selatan penonton di Stadion Indomilk Arena.

Menanggapi hal itu, pelatih kepala Persib, Bojan Hodak tetap melihat dari sisi positif, menurutnya aksi tersebut merupakan salah satu dinamika sepak bola, baik itu di Indonesia ataupun di luar negeri.

“Hal penting yang bisa dijadikan pesan positif dari saya adalah bagaimana membina para suporter, karena mereka harus belajar. Jadi ini penting bagi saya, ketika suporter datang ke stadion untuk mendukung tim, tapi mereka juga mendapatkan edukasi,” ujarnya saat jumpa pers pada Minggu (26/11/2023).

Baca juga: Persib Bandung Pesta Gol 5-1 Lawan Dewa United, Ciro Alves Hattrick, Ini Jalannya Pertandingan

Terpantau Tribunjabar.id, selain menerobos paksa dan mengisi tribun selatan, sejumlah bobotoh lainnya yang tertahan di gerbang utara Stadion Indomilk Arena, sempat bersitegang dengan petugas keamanan.

Akibat kejadian tersebut, bobotoh yang tidak terima ditahan untuk masuk oleh petugas keamanan sempat melakukan perlawanan dengan cara melemparkan benda keras ke arah barikade, seperti botol minum, batu dan kayu.

Bahkan untuk mengendalikan bobotoh yang mengamuk tersebut, petugas keamanan terpaksa menembak gas air mata kepada kerumunan masa.

“Jika memang ada beberapa tindakan yang melanggar, suporter tersebut harus dihukum dengan jelas sesuai aturan. Jadi harusnya diberikan sanksi,” tambah Hodak.

Di sisi lain, pada pertandingan pekan ke-20 tersebut, Persib mampu membantai telak Dewa United setelah Ciro Alves mencetak hattrick (8′, 31′, 62′) dan David da Silva mencetak braces (48′, 68′). Sedangkan gol Dewa United di cetak oleh Risto Mitrevski lewat tendang penalti di menit 88′.

Baca juga: “Cuma” Lawan Dewa dan Tanpa Penonton. Persib Harus Jalani Prosedur Bak Lawan Persija dan Arema FC

Berkat kemenangan tersebut, Persib berhasil kembali ke posisi kedua Liga 1 2023/2024, setelah mengoleksi 38 poin, dari 10 kemenangan, 8 seri dan 2 kekalahan. Selanjutnya, Persib akan berhadapan dengan PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Senin (4/12/2023).

 

Updated: November 26, 2023 — 10:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *