Mau Hidup Dari Dividen BCA, Astra, Indofood? Segini Modalnya!

Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak orang yang menginginkan financial freedom atau kebebasan finansial dimana seseorang telah mencapai kemapanan dalam kondisi keuangannya. Salah satu langkah utama dalam mencapai financial freedom adalah berinvestasi.

Banyak para investor ingin dapat mencapai titik di mana dapat membiayai hidup hanya dari menerima dividen saja setiap tahunnya dari sebuah saham.

Sebagai contoh, kebutuhan di Jakarta pada umumnya untuk kebutuhan hidup dapat diperhitungkan dengan menggunakan penghasilan dari upah minimum provinsi (UMP) Jakarta. Karena upah minimum diarahkan kepada pencapaian kebutuhan hidup layak yaitu setiap penetapan upah minimum harus disesuaikan dengan tahapan pencapaian perbandingan upah minimum dengan kebutuhan hidup layak yang ditetapkan oleh Menaker.

Upah Minium Provinsi (UMP) Jakarta telah ditetapkan naik sebesar 3,38% pada tahun 2024 menjadi Rp5.067.381. Lalu berapa banyak modal yang perlu dibutuhkan untuk membiayai hidup sebulan sebesar nilai UMP Jakarta?

Pembagian dividen biasanya dibagikan 1-2 kali dalam setahun, tergantung dari saham yang dipilih. Jika dividen dibagikan dalam satu tahun sekali maka seorang investor memerlukan hasil dividen sebesar Rp60.808.572 untuk membiayai kebutuhan biaya hidup selama satu tahun dari angka UMP Jakarta per bulannya.

Lalu berapa modalnya yang dibutuhkan untuk mendapatkan dividen sebesar Rp60,8 juta?

Berikut saham-saham yang paling rajin membagikan dividen dalam daftar IDX High Dividend 20 beserta yield dan perhitungan modal yang dibutuhkan.

Sanggahan: Artikel ini adalah produk jurnalistik berupa pandangan CNBC Indonesia Research. Analisis ini tidak bertujuan mengajak pembaca untuk membeli, menahan, atau menjual produk atau sektor investasi terkait. Keputusan sepenuhnya ada pada diri pembaca, sehingga kami tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan tersebut.

(saw/saw)[Gambas:Video CNBC] 

Updated: Desember 5, 2023 — 3:10 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *