Tanpa Basa-Basi JK Singgung Esemka, Langsung Sebut Ini

Jakarta, CNBC Indonesia – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla tiba-tiba mengomentari hadirnya brand mobil dalam negeri yaitu Esemka. Ia menilai bahwa munculnya mobil fenomenal tersebut hanya bohong-bohongan saja.

“Boong-boongan aja itu,” katanya menjawab pertanyaan CNBC Indonesia dalam Konferensi Pers Economix di FISIP UI, Senin (27/11/2023).

Menurut JK, Indonesia harusnya punya potensi untuk memproduksi mobil buatan dalam negeri dengan mengambil ilmu serta teknologi otomotif dari negara lain. Namun harus dilakukan secara benar, serius atau tidak bohong.

“Mobil tuh bisa ambil teknologi luar tapi kita melaksanakannya, tapi tidak boong-boongan,” sebutnya lagi.

Foto: Mobil listrik Esemka Bima EV dan Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)Mobil listrik Esemka Bima EV dan Esemka Bima 1.3 di IIMS 2023. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Untuk membuat brand otomotif sendiri, dia menyebut perlu kerja sama serta didorong semangat serta kerja sama yang baik antara pengusaha dan anak muda, dengan kemampuan sendiri, jadi jangan hanya bicara saja. Ia mencontohkan negara lain seperti Vietnam yang mampu membuat brand mobil sendiri dengan sungguh-sungguh.

“Kalau Vietnam bisa masa kita tidak bisa, banyak negara. China dulu juga gitu sekarang bisa 25 juta setahun,” ucapnya.

Berkaca dari kesuksesan negara lain, Indonesia yang sudah merakit mobil di dalam negeri melalui brand mobil Jepang, Korea Selatan hingga China juga punya potensi untuk melakukannya melalui brand sendiri.

Sempat muncul nama Esemka yang kian melambung setelah Presiden Jokowi yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Solo menjadikan Esemka Rajawali sebagai kendaraan dinas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Saat Jokowi ikut Pilkada DKI Jakarta 2012, mobil tersebut sempat digunakan dalam perjalanan dari Solo ke Jakarta. Namun, pamor Esemka sempat tenggelam ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta (2012-2014). Meski demikian, Esemka meroket lagi saat Jokowi mengadakan kampanye Pilpres 2014.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Heboh JK Sebut Modal Jadi Ketua Umum Golkar Mencapai Rp600 M


(fys/wur) 

Updated: November 27, 2023 — 11:20 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *